CPU

Spesifikasi dan Review Apple A9 SoC

chip-a9-apple

Apple A9 merupakan SoC dualcore untuk pasar high-end yang digunakan pada smartphone. Pertama kali diperkenalkan pada september 2015 bersamaan dengan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Untuk performa dari SoC ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi, yakni sekitar 70% pada CPU dan 80% pada GPU jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni Apple A8. Performa dari SoC ini seharusnya bisabersaing dalam SoC high end Android tahun 2015.

Dengan berbasiskan arsitektur 64 bit generasi ketiga dari Apple (Cyclone 3?) dan menggunakan teknologi transistor yang terbaru. Dan diproduksi menggunakan Samsung dengan proses fabrikasi 14nm (kepingan lebih kecil) dan TSMC dengan proses fabrikasi 16nm (Keduanya menggunakan 3D FINFET transistor). Performa dari kedua proses fabrikasi tersebut berbeda tipis.

Selain itu, chip ini telah terintegrasi dengan M9 motion coprocessor lalu 4K video decoding dan encoding (sama seperti iPhones 6s yang telah mendukung perekaman video 4K). Konsumsi daya dari SoC ini akan lebih hemat daya dari Apple A8 dikarenakan proses fabrikasi yang lebih baru dan faktanya iPhone saat ini menerapkan battai yang lebih kecil.

ProduksiApple
Jenis ChipCyclone 3
Frekuensi Clock1800 MHz
Jumlah Core / Thread2 / 2
Teknologi Fabrikasi14/16 nm
FiturARMv8 Instruction Set
GPUPowerVR GT7600
64 Bit64 Bit support
Diperkenalkan Pada09/09/2015

Spesifikasi dan Review Apple A9 SoC

8.9 out of 10
Kelebihan Performa yang meningkat hingga 80 persen dengan efisiensi daya yang sangat baik. Juga telah mendukung banyak modul yang telah terintegrasi dalam chip.
Previous ArticleNext Article
Blogger & Tech Enthusiasm